Tuesday, December 8, 2009

PENINGKATAN FUNGSI DAN PERANAN PUSAT SUMBER BELAJAR

PENINGKATAN FUNGSI DAN PERANAN PUSAT SUMBER BELAJAR DAN TEKNOLOGI KEPENDIDIKAN SERTA SUMBER KURIKULUM DALAM RANGKA PENCAPAIAN VISI DAN MISI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
A. Pendahuluan
Salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian (PP. No. 60 Tahun 1999).
Memenuhi tujuan itu Universitas Negeri Medan merupakan sebuah lembaga pendidikan menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional secara berjenjang dan berkesinambungan yang didasari oleh pendalaman serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sehubungan dengan itu Unimed bertujuan untuk menghasilkan para lulusan yang unggul dan profesional, menghasilkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni, dan menghasilkan dan mengembangkan karya-karya inovatif dan produktif. Seturut itu juga Unimed dalam Misinya adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengembangkan Unimed menjadi Teaching and Research Institutional.
Dalam mendukung pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional, tujuan dan misi Unimed dibentuk unit-unit ataupun lembaga-lembaga, salah satu diantaranya adalah Pusat Sumber Belajar dan Teknologi Kependidikan serta Sumber Kurikulum (PSB-TK & SK) yang berfungsi untuk membantu Unimed dalam rangka mewujudkan tuntutan tujuan dan misinya.
Mengingat tugas dan fungsi dari unit PSB-TK & SK Unimed dalam memberikan kontribusi pemikiran akademik, maka peningkatan peran dari tenaga staf unit ini perlu disosialisasikan, agar terjadi keseragaman pemahaman dan tercipta kesatuan tugas, sehingga program-program yang akan dilaksanakan oleh PSB-TK & SK seirama dengan tujuan dan misi Unimed. Untuk itulah perlu dilaksanakan suatu kegiatan diskusi ilmiah dengan tema: Peningkatan Fungsi dan Peranan PSB-TK & SK dalam rangka Pencapaian Tujuan dan Misi Unimed.
B. Tujuan Pelaksanaan Kegiatan
Adapun yang menjadi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut:
1. Menghimpun informasi penting dari berbagai pihak pengelola unit ataupun pengelola lembaga di Unimed tentang peranan dan fungsi PSB-TK & SK Unimed, agar kedepan terjadi keterpaduan koordinasi program diantara masing-masing unit ataupun lembaga yang ada sehingga pencapaian Tujuan dan Misi Unimed lebih optimal.
2. Meningkatkan apresiasi yang aplikatif para staf PSB-TK & SK, agar mampu secara bersama-sama merumuskan program-program yang mendukung percepatan pemenuhan Tujuan dan Misi Unimed.
3. Menumbuhkan koordinasi mitra kerja dengan unit-unit ataupun lembaga di Unimed, agar program PSB-TK & SK mendapat apresiasi positif dari masyarakat kampus.
4. Merumusakan tugas pokok dan fungsi PSB-TK & SK yang dijadikan sebagai kerangka acuan dalam mendukung Visi dan Misi Unimed
C. Hasil Kegiatan
Adapun hasil yang diharapkan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah tercipta rumusan konsepsional tentang peranan dan fungsi PSBTK-SK di Unimed sehingga mampu memformulasikan program-program kegiatan yang diperlukan oleh masyarakat Unimed secara khusus dan masyarakat pendidikan secara umumnya.
D. Pelaksanaan Kegiatan
1. Waktu dan Tempat Kegiatan
Kegiatan diskusi ilmiah ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 17 Juli 2008 (jadwal terlampir), bertempat di Gedung Lembaga Penelitian Unimed Lt. II.
2. Peserta
Peserta ; Jumlah peserta pada kegiatan ini adalah 25 orang, yaitu: a). Staf LP2AI Unimed (5 orang); b) Kepala Perpustakaan Unimed (1 orang); c) Kepala UPPL Unimed (1 orang); d) Kepala LPM di Lingkungan Unimed (1 orang); e) semua PD I di Lingkungan Unimed (7 orang), f) Pembantu Rektor I, II, dan III Unimed (3 orang) dan g) Staf PSB-TK & SK Unimed (7 orang).
3. Nara Sumber dan Materi yang Disajikan
Nara Sumber pada kegiatan ini adalah:
a. Drs. Syawal Gultom, M.Pd (Rektor Unimed); Kebijakan Unimed dalam Pengembangan Peran dan Fungsi PSB-TK & SK
b. Dr. Julaga Situmorang, M.Pd; Fungsi dan Peranan PSB dalam Pengembangan Teknologi Kependidikan
c. Prof. Dr. Sukirno; Fungsi dan Peranan PSB dalam Pengembangan Kurikulum
d. Drs. Edi Sihombing, MS; Mekanisme Perencanaan Program PSB-TK & SK Unimed.

No comments:

Post a Comment

Silakan memberikan komentar. Mohon maaf, apabila terlambat membalas dan setiap komentar akan melalui proses seleksi. Terima kasih atas kunjungan dan partisipasinya dalam memberi masukan.